Potluck Party Aja!

Beberapa tahun lalu, saat Aku sidang meja hijau, salah satu “tradisi” mahasiswa adalah mentraktir teman-teman. Sebagai wujud syukur katanya. Kalau dihitung-hitung habisnya hampir 1 juta hanya untuk traktiran. Itu belum termasuk biaya beli “seserahan” kepada dosen, yang jumlahnya juga bisa sampe segitu, bahkan kadang lebih.

Itu cerita sidang meja hijau, yang sekali seumur hidup kalau nggak berencana ngambil S1 lagi. Biasanya “tradisi” itu dimulai dari seminar proposal. Belum lagi kalau kita ulang tahun, pasti semua “teman” minta ditraktir. Padahal, ngasih kado juga nggak. Hahaha. Begitu juga dengan gaji pertama, dan hal-hal lain berbau yang pertama.

Padahal, itu masih mahasiswa yang bermodalkan “beasiswa tetap” dari orang tua. Boro-boro kerja sambilan, masuk kuliah aja malas. Tapi, lagaknya semua mahasiswa tingkat akhir dan tingkat lainnya-yang merayakan ulang tahun, anniversary, bahkan monthversary (wkwk), oh ya ada lagi mentraktir karna baru jadian- punya uang banyak. Bisa jadi nggak makan sebulan di perantauan. What the em-em kan?

Pernah nggak kita kepikir kalau perayaan, dengan “tradisi” mentraktir selalu dilakukan? Betapa nggak adilnya satu orang harus kehabisan uang-banyak juga sih yang bilang sesekali kok! Kan uang dicari, palingan sekali setahun, nanti juga dapat giliran- untuk traktir-mentraktir ini.

Kenapa nggak potluck party aja?

Jadi begini, kemarin itu di kantorku melakukannya. Ide awalnya sebenarnya karena Etha, teman sekantorku bawa Sup Susu Non Halal ke kantor. Seperti biasa, sebagai bentuk syukur tertinggi pada orang-orang yang baik hati membawakan makanan untuk anak kos, reaksiku selalu berlebihan. Itu membuat teman-teman yang nggak bisa menikmati lemak daging non halal di sup itu jadi penasaran.

Akhirnya aku ke depan, dan mulai menulis Potluck Party TI (TEMPO Institute), Jumat, 3 November 2017. Aku langsung nanya siapa bawa apa, dan lebih banyak Aku menentukan siapa bawa apa. Hahaha. Ricuh pokoknya!

2017-11-04 112047523989..jpg
Draft awal menu

Ternyata, setelah difoto dan dimasukkan ke grup kantor, respon teman-teman lain yang nggak ikut “rapat” antusias, bahkan melebihi kami yang membuat “rapat”. Setelah ditanya sama “Bos” tujuannya apa, spontan kami bilang perayaan logo baru TI. Padahal itu kan alasan aja supaya jadi makan siangnya.

Ini potluck party pertama kami. Sebelumnya sama sekali nggak pernah terjadi selama dua tahunan Aku kerja di sana. Semua berinisiatif bawa makanan dan minuman, dari appetiser, main course, dan dessert.

2017-11-03 031486989731..jpg
“Bos” dan hasil sumbangan

Puding, buah mangga segar, kerupuk, dendeng balado, ikan teri medan sambal, sup susu halal, sapo tahu, tempe goreng, mie glosor, udang balado, dan es cendol. Masih banyak lagi sih. Meskipun makanan dan minuman ini nggak semua dimasak sendiri, tetap aja rasanya juara!

Dari pagi, bagian umum kantor sudah mulai kerepotan menerima banyaknya makanan yang kami bawa. Belum lagi menatanya di meja- yang selalu ditambah sangkin banyaknya. Padahal kami hanya delapan belas orang.

Siang itu suasananya beda. Semua riang ceria gembira. Bukan hanya kami di TI yang bisa makan. Banyak orang yang ikut diberkati makan siang gratis. Belum lagi sampai sore cendol, kerupuk, lalapan, dan lainnya belum habis. Kebayang kan banyaknya?

Kebayang juga nggak kalau makan siang itu ditraktir hanya oleh satu orang? Bilanglah “Bos” yang traktir. Berapa kebocoran kantongnya mentraktir kami semua dengan menu yang persis sama dan jumlah yang persis juga?

Kalau semua orang riang ceria gembira begini, pasti pada mikir kapan lagi kan? Bukan mikirin tabungan harus berapa tahun depan untuk mentraktir saat ulang tahun, dan sary-sary-an lainnya itu.
Makanya, potluck party aja! Semua orang turut menyumbang kebahagiaan.

2017-11-03 03921138952..jpg
Bos kecil juga bahagia loh

One thought on “Potluck Party Aja!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s