MENULIS ITU MUDAH?

“Setiap manusia adalah pembelajar.”

Siapa bilang nulis itu susah? Banyaaaaak!

Menurutku, menulis itu mudah. Aku ngomong begini bukan berarti tulisanku bagus sekali. Kalian bisa bacalah. Hehehe. Aku juga nggak tau menilai mana tulisan yang baik dan tidak. Dulu, saat masih aktif di pers mahasiswa Aku adalah salah satu reporter yang jarang menulis.

Processed with VSCO with g8 preset
Seperti hidup, langkah pertama adalah menentukan ide. Sehhhh!

Hal yang paling susah adalah menggali ide. Setiap mengalami sesuatu, melewati tempat yang unik, mencicipi sesuatu yang baru, atau bertemu teman lama pasti punya “klik” di kepala. Otak buru-buru memutuskan akan menulis itu. Padahal bahan yang dipunya belum ada.

Tapi, ide yang brilian itu aja nggak cukup. Ide itu masih hal yang terlalu besar, terlalu mentah, dan bisa jadi mati muda. Tak semua hal besar tadi langsung bisa dijalin dalam kata-kata.

Selanjutnya tentukanlah angle tulisanmu! Hal ini yang paling penting (artinya semua penting, haha). Tanpa angle, tulisan akan lari kemana-mana. Pasti kita nggak mau tulisan kayak supermarket. Kalau mau menulis kuliner, fokuslah pada rasanya, bukan penyajian apalagi tempatnya. Ini ilmu generik yang berulang kali diingatkan setiap kelas menulis. But, it works!

Tulisan memang harus fokus. Penulis berkewajiban menjaga pembaca untuk tinggal sebentar, mengunyah, hingga mencerna tulisan kita sampai selesai. Sebaliknya, pembaca punya hak datang dan pergi. Setelahnya, menulislah seperti berbicara.

Kenapa ada tulisan yang renyah dan ada juga yang kenyal? Karena ide masih mentah dan tak punya satu angle. Selebihnya adalah penulis nggak punya kamus. Aku bukan jenis orang yang bisa melahap berbagai jenis buku, atau bertahan di depan tv atau bioskop berjam-jam. Padahal, modal penting adalah membaca dan menonton banyak. Buatku, bertemu dan ngobrol dengan banyak orang juga modal.

Tak ada yang mengarapkan tulisanmu bagus seperti punya orang lain. Kau hanya berputar di kepala sendiri. Mari menulis apa yang ditahu dan disenangi. Selebihnya, kemalasan adalah musuh. Kayak sekarang, selain pekerjaan di kantor buat pusing, malas juga setiap hari. Hampir sebulan nggak nulis. Hampir jamuran 😀

Processed with VSCO with a5 preset
Nggak ada yang nggak mungkin. Tulis aja! Mudah kok :’)

 

8 thoughts on “MENULIS ITU MUDAH?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s