AKAN DETOX?

Aku memutuskan nggak pulang kampung Natal tahun ini. Padahal Aku punya libur dua minggu. Aku baru pulang Juli kemaren ke Medan. Aku berencana akan menyendiri di penghujung tahun ini. Kemana pun itu. Ngapain pun itu. Pengennya sih melakukan sesuatu yang berguna. Kerja sosial misalnya.

Processed with VSCO with 5 preset
Ayo mulai!

Sampai libur akan datang, Aku belum tau juga kemana. Sempat pernah terpikir makan-tidur-makan-lagi-mungkin tidur lagi-sesekali berak di Jakarta aja. Padahal Aku mau rehat dari ibu kota. Mau detox.

Akhirnya Aku ketemu Mas Bangkit di saat yang tak terduga. Satu malam Aku janjian meeting dengan Mas Huda, temannya. Mereka berdua adalah salah dua fasilitator kami di kantor. Kami di Jakarta, sementara mereka di Purwokerto. Sejujur-jujurnya Aku nggak tahu di mana kota yang sering diplesetkan Mas Bangkit: Puerto Rico.

Processed with VSCO with hb2 preset
Rame coyyy!

Malam itu, Mas Bangkit tanya kapan akan libur dan mau ke mana. Spontan muncungku menjawab: Aku ke Purwokerto ya mas. Hehehe. Emang Aku si tak tau diri.

Mas Bangkit menyambut dengan sukacita. Semoga. Wkwkwk. Nggak mikir ba-bi-bu, besoknya Aku pesen tiket kereta. Sebenarnya malam itu tanganku udah gatal mau memesan aja.

Dia menjanjikanku untuk membantu masyarakat dampingannya, pembuat gula aren. Setelah tawarannya supaya Aku bantu LSM-nya buat laporan kutolak. Apa bedanya Aku jauh-jauh ke sana nanti kalau tetap akan membuat laporan. Yang ada bukan detox, malah tambah keracunan. Hahahaha. Ohya, dia janjikanku jalan-jalan ke Batu Raden.

Processed with VSCO with hb1 preset
Baca Eka Kurniawan berselimut Tenun Flores

Sampai Aku di kereta malam ini, tanganku belum juga gatal mencari tahu benda apalah Purwokerto itu. Taunya deket Cilacap. Bisa deket ke Nusakambangan.

Aku takut berekspektasi. Kecewa.

Aku hanya mempersiapkan tiket pp Jakarta-Purwokerto, Purwokerto-Jakarta naik Kereta Api Indonesia. Selebihnya Aku berserah. Aku percaya pada kebaikan orang-orang yang akan kutemui di perjalanan nanti.

Processed with VSCO with hb2 preset
Tak ada non-nasi, singkong pun jadi, hehehe

Sejatinya, tujuan perjalanan ini adalah ngecas diri. Memberi penghargaan pada diri sendiri, bahwa Aku juga butuh detox. Pembersihan sifat buruk, dan memberi ruang pada kesempatan sifat baik masuk ke dalam diriku.

Selamat berlibur!

 

2 thoughts on “AKAN DETOX?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s